Widget edited by super-bee

Minggu, 20 Januari 2013

Kiper Kartu Merah, Persisam Samarinda Bekuk Sriwijaya FC

Juara bertahan Indonesia Super League (ISL) Sriwijya FC dipaksa menelan kekalahan 4-2 dalam laga tandangnya ke markas Persisam Samarinda di Stadion Segiri, Minggu (20/1) malam WIB.

Raihan tiga angka itu mengangkat posisi Persisam ke peringkat empat klasemen sementara dengan nilai lima dari tiga pertandingan yang telah dijalani. Sedangkan Sriwijaya FC turun ke peringkat delapan.

Dalam pertandingan ini, Persisam yang tampil di kandang mengambil inisiatif untuk melakukan serangan. Sebaliknya, Sriwijaya FC terlalu berhati-hati, sehingga tak bisa mengembangkan permainan dengan baik.

Sejumlah peluang berhasil diperoleh Persissam untuk membuka keunggulan mereka di babak pertama. Namun penyelesaian akhir buruk, dan pertahanan solid yang diterapkan Sriwijaya membuat tuan rumah menemui jalan buntu.

Upaya Persisam akhirnya membuahkan hasil setelah laga berlangsung setengah jam. Ferdinand Sinaga menerobos pertahanan Sriwijaya FC, dan selanjutnya menceploskan bola ke gawang Ferry Rotinsulu.

Gol ini melecut motivasi pemain tuan rumah untuk menggandakan keunggulan. Kendati demikian, mereka beberapa kali dikejutkan serangan balik yang dilancarkan Sriwijaya FC. Hingga babak pertama, skor 1-0 tetap bertahan.

Di babak kedua, Sriwijaya FC harus melakukan pergantian kiper, karena Ferry mengalami cedera. Pelatih Kas Hartadi memasukkan Rivki Mokodompit. Namun Persisam sudah menggandakan keunggulannya di menit ke-52. Umpan silang Lancine Kone dari sisi kiri disambut sontekan Ferdinand yang tak bisa dibendung Rivki.

Pendukung tuan rumah bersorak kegirangan setelah Kone memperbesar keunggulan Persisam di menit ke-68. Berawal dari tendangan Ibra Lovinian yang ditepis Rivki. Bola muntah disambut Bayu Gatra di sisi kanan serangan Persisam, dan memberikan umpan matang kepada Kone yang berdiri bebas, sehingga tanpa kesulitan menjebol gawang tim tamu.

Pertandingan antara Persisam dan Sriwijaya FC makin sengit. Laskar Wong Kito memperkecil ketertinggalan di menit ke-74. Tantan menyundul bola umpan panjang dari tengah. Kiper Usman Pribadi yang berusaha menghentikannya kalah duel di udara. Bola meluncur ke arah gawang, dan diteruskan Eddie Foday Boakay.

Selang satu menit kemudian, bencana menghampiri Sriwijaya FC. Rivki terpaksa diusir ke luar lapangan usai dikartu merah wasit menyusul pelanggaran terhadap Ferdinand di kotak terlarang.

Situasi ini menjadi sulit, karena Sriwijaya FC sudah melakukan tiga pergantian pemain. Kas Hartadi lalu menunjuk Abdulrahman sebagai kiper. Bek Sriwijaya FC ini tak bisa membendung eksekusi penalti Kone. 4-1 untuk Persisam.

Kendati bermain dengan sepuluh orang, Sriwijaya FC pantang menyerah, dan menebar ancaman di pertahanan Persisam. Setelah sempat mengancam melalui Eddie Foday, Sriwijaya FC memperkecil kekalahan lewat sundulan tipis Diogo Rangel menyambut tendangan bebas Mahyadi Panggabean menjelang laga usai. Skor 4-2 akhirnya menutup laga di Segiri ini.

0 komentar:

Posting Komentar